rss

Wednesday, 2 September 2009

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Peta lokasi Kabupaten Pandeglang
Koordinat : 60 21' - 70 10' LS
1040 48'- 1060 11' BT



KABUPATEN PANDEGLANG, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia. Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di Utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di Barat dan Selatan. Wilayahnya juga mencakup Pulau Panaitan (di sebelah Barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil. Semenanjung Ujung Kulon merupakan ujung paling barat Pulau Jawa, dimana terdapat suaka margasatwa tempat perlindungan hewan badak bercula satu yang kini hampir punah.

Luas wilayahnya 2.747 km², dan jumlah penduduknya 1,585 juta jiwa (2008). Kabupaten Pandeglang terdiri atas 35 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Pandeglang, yang berada di bagian Utara wilayah kabupaten, Pusat perekonomian Kabupaten pandeglang terletak di dua kota yakni Kota Pandeglang dan Labuan

Sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang merupakan dataran rendah dan dataran bergelombang. Kawasan selatan terdapat rangkaian pegunungan. Sungai yang mengalir diantaranya Sungai Ciliman yang mengalir ke arah barat, dan Sungai Cibaliung yang mengalir ke arah selatan (sumber : wikipedia)

Pemerintah Kabupaten Pandeglang pada tahun 2007 telah selesai membuat berbagai macam studi kelayakan dan master plan berbagai macam objek wisata, seperti master plan wisata ziarah cikadueun, miniatur masjid nabawi, pemandian air panas cisolong, pemadian cikoromoy, dan lain lainnya. Kesemuanya itu guna mendukung terwujudnya Visi dan Misi Kabupaten Pandeglang tahun 2006-2010 yaitu ingin menjadikan Kabupaten Pandeglang sebagai daerah tujuan wisata unggul, tujuan lain tentunya untuk mendongkrak PAD Kabupaten Pandeglang melalui sektor Pariwisata.

Untuk lebih jelasnya supaya kita bisa mengenal lebih jauh dan semakin cinta pandeglang mari kita kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang :

PANTAI CARITA.

Pantai ini memiliki material dasar pasir putih agak kecoklatan dengan latar belakang pegunungan yang berhutan. Terletak di jalur jalan Labuan Cilegon. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan adalah wisata bahari. Dikawasan pantai Carita dilengkapi dengan dua dermaga mini yang berfungsi sebagai pelabuhan untuk kapal pesiar yang akan mengunjungi kawasan Tanjung Lesung, Kawasan Sumur, Ciputih dan Taman Nasional Ujung Kulon. Ke arah timur di daerah perbukitan terdapat Hutan Wisata, yang didalamnya terdapat air terjun yang masih alami yaitu Curug Gendang.


KAWASAN WISATA TANJUNG LESUNG.

TANJUNG Lesung ibarat perawan cantik yang mulai dilirik, setelah didandani dengan rapi. Tempat wisata yang terletak di sebuah semenanjung kecil di deretan selatan kawasan pantai barat Selat Sunda ini mudah ditempuh setelah jalan menuju ke lokasi ini diperbaiki.

TIGA bus Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) dari Serang menuju Tanjung Lesung disediakan Pemerintah Provinsi Banten, sejak pertengahan Juni 2003, untuk memudahkan masyarakat umum berlibur ke tempat wisata itu.

Berlokasi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, kawasan wisata terpadu Tanjung Lesung dapat ditempuh dalam waktu antara 2,5 jam hingga 3 jam dari Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Merak dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer.

Saat Kompas menelusuri jalan ke arah Tanjung Lesung, pada pekan pertama Juli lalu, lalu lintas ke arah tempat wisata relatif lancar dan mulus. Kompas mengambil Jalan Tol Jakarta-Merak, lalu keluar di gerbang Tol Serang Timur, dan melanjutkan perjalanan melalui Kota Serang, masuk jalan raya ke arah Kota Pandeglang dan Labuan, sampai akhirnya menuju kawasan wisata Tanjung Lesung.

Ini merupakan alternatif pertama menuju Tanjung Lesung. Ada alternatif kedua, lewat Jalan Tol Jakarta-Merak, keluar di gerbang Tol Cilegon, lalu menyusuri pesisir Anyer-Carita, melanjutkan ke Labuan dan akhirnya masuk Tanjung Lesung. Sementara bagi mereka yang datang dari Bogor, lokasi wisata ini bisa ditempuh lewat Rangkasbitung, Pandeglang, Labuan. Bagi mereka yang datang dari laut, bisa naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara menuju arah barat, menyusuri pantai barat Pulau Jawa di tepi Selat Sunda.

Jalan ke Tanjung Lesung yang sebelumnya masih rusak dan berlubang, sejak tahun 2003 sudah mulai mulus, sehingga kian memudahkan wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara datang ke tempat nan indah ini.
Sebelumnya ada keluhan, akses ke Tanjung Lesung terhambat karena tiga jembatan yang rusak. Jembatan tersebut adalah jembatan di persimpangan Labuan-Citeureup yang melintasi Sungai Cibungur, jembatan yang melintasi Sungai Ciliman di Kecamatan Panimbang, dan jembatan di Sungai Ciheru. Ketiga jembatan itu awalnya hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan sehingga mengganggu kenyamanan perjalanan.

"Namun, sejak tahun 2003 ini akses ke Tanjung Lesung makin mudah dan cepat setelah ketiga jembatan itu diperbaiki dan jalan diaspal mulus," kata Direktur PT Banten West Java (BWJ) Tourism Development Corporation (TDC) Purnomo S Prasetyo kepada Kompas, di Tanjung Lesung.

Selain itu, kata Purnomo, akses komunikasi kian dipermudah setelah pada pertengahan Juni 2003 jaringan fiber optik masuk ke kawasan Tanjung Lesung. Akses Internet pun makin gampang dilakukan

MEREKA yang baru pertama kali ke Tanjung Lesung dan menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu bingung. Jika mengambil jalan keluar gerbang Tol Serang Timur, ikuti petunjuk arah ke Pandeglang- Labuan-Tanjung Lesung.

Jika ingin menginap di Tanjung Lesung, sebaiknya buat reservasi dahulu. Di kawasan wisata Tanjung Lesung seluas 1.500 hektar itu, yang baru terbangun sekitar 200 hektar, terdiri dari hotel resor pantai (Tanjung Lesung Beach Club/TLBC) dan klub layar (Tanjung Lesung Sailing Club/TLSC) berikut fasilitas dan prasarana jalan.

Harga sewa cottage tergantung jumlah kamar yang ada dalam cottage tersebut, harganya antara Rp 1,3 juta (satu kamar untuk dua orang) dan Rp 4,6 juta (empat kamar untuk tujuh orang) per malam.(sumber cerita : wisata.voucher-hotel.com)

TAMAN NASIONAL UJUNG KULON

Merupakan habitat dan tempat perlindungan sejumlah satwa langka yang terancam kepunahannya salah satunya adalah Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus). Terdapat juga jenis Flora dan Fauna Langka lainnya. Dideklarasikan oleh UNESCO sebagai Natural World Heritage Site, kawasan ini terdiri dari Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, Pulau Panaitan, Gunung Honje Utara dan Taman Jaya dengan luas keseluruhan 136,655 ha

Pemandian Cikoromoy
Bagi anda yang suka berenang dapat mengunjungi Kolam Renang Alam Cikoromoy yang terletak di Kecamatan Cimanuk + 12 km dari Kota Pandeglang airnya jernih dilatarbelakangi pemandangan indahnya Gunung Karang.

Pemandian Cisolong
Pemandian alam air panas dengan sumber mata air belerang dari Gunung Karang, yang terdapat di Kecamatan Kaduhejo 10 km dari Kota Pandeglang. (foto dan cerita diambil dari berbagai sumber)

Jika Anda belum pernah berkunjung Mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata Pandeglang, belum lengkap rasanya perjalanan wisata anda kalau belum pernah datang ke Objek Wisata Pandeglang.


---------------------------------------------------------------
Niat saya sebenarnya menulis ulang artikel ini adalah untuk mengikuti Kontes SEO Cinta Pandeglang "Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang" yang diadakan oleh www.cintapandeglang.com

Hadiah puluhan juta yang menggiurkan !!!
Berikut rincian hadiahnya :

1.Juara pertama mendapatkan Note Book ACER Aspire 4736Z-421G25Mn
2.Juara kedua mendapatkan Blackbery Javelin 8900
3.Juara ketiga mendapatkan uang tunai Rp. 1.000.000,-
4.Juara ke-4 sampai ke-6 mendapatkan uang tunai Rp. 500.000,-
5.Juara ke-7 sampai ke-10 mendapatkan uang tunai Rp. 250.000,-

Waktu perlombaan :
Dimulai pada tanggal 17 Agustus 2009 pukul 00.00 WIB sampai dengan 17 November pukul 24.00 WIB

Kata Kunci/ Keyword yang dilombakan:

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Ketika aku coba membuat judul Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang sebagai kata kunci/keyword yang diwajibkan, ternyata blog ini tidak bisa terindek ke google dengan judul yang sama persis, hanya sebagian tepatnya sampai kalimat "Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di" berkali kali aku coba ternyata memang segitu adanya, apa emang begitu yah .. wekz Terindek atau tidaknya di keyword yang dibidik.. wallahualam ... yang penting sudah bisa ikut berpartisipasi, buat Anda KENALI DAN KUNJUNGI OBJEK WISATA DI PANDEGLANG.







Postingan Terkait Lainnya :


BorneoBackpakers Store Belanja Sebelum Travelling

24 komentar:

Perencanaan masa depan on 2 September 2009 at 15:07 said...

Nice artikel pak...moga pariwisata dikota pandeglang maupun kota-kota lain di indonesia dikenal dimata dunia lewat internet

Alex L. Setiawan on 2 September 2009 at 18:55 said...

salam kenal bro.. mari kita dukung sadar wisata di negeri ini...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 2 September 2009 at 20:31 said...

kunjungan balik bro...
artikelnya bagus banget kok bro...
panjang banget malah...
tp kita ramekan sama-sama yuk kontes ini..
semoga kita sama2 menjadi pemenang...
and salam kenal..

Bellar on 2 September 2009 at 21:16 said...

Salam kenal ...
Kunjungan balik nih.

Alex L. Setiawan on 2 September 2009 at 22:03 said...

thank's bro..dah berkunjung juga dimari...

aLeusia on 2 September 2009 at 22:12 said...

hoho tetep semangat mas waktu kontes masih panjang semoga makin mantaab dalan kenali pandeglangnya yah ..

Rusli Zainal Sang Visioner

buxbag on 3 September 2009 at 18:22 said...

aduh bagusnya objek wisatanya....

semangat yah :)
jadi pingin ikut kontesnya jgua nih

Miawruu on 3 September 2009 at 22:44 said...

wuiiih... keren2 tmp nya. Moga2 suatu hari nanti bisa jalan2 kesana

doni on 4 September 2009 at 09:20 said...

hai sobat... Saya pernah ke Kalimantan barat di Tebas Sungai... TOP warganya enak-enak frenli banget mamen... so keep smile...

prasbudi on 4 September 2009 at 13:03 said...

Trenggalek juga punya Object wisata yang bagus.. coba saja berkunjung KE SINI. Barangkali kawan-kawanku semua jadi ketagihan

Wisata Melayu on 4 September 2009 at 17:27 said...

Kalo Mau tukeran Link Langsung Aja Comment Broo.... Salam Kenal jg ya?..

Alex L. Setiawan on 4 September 2009 at 19:02 said...

@buxbag .. ayo buruan ..
@Miawruu .. kalau butuh bantuan .. ajak aq dong hehehe..
@doni thank's bro .. kalau datang lagi ke KALBAR hubungi aq yah..
@prasbudi .. thank's bro ..nice posting ..
@wisata melayu ... thank's bro ..dofollow ..

NURMANTO on 5 September 2009 at 01:14 said...

manteb cuy... keren banget wisatanya kapan saia bisa kesana ya... jangan lupa bailk yaaaaa........

nada on 5 September 2009 at 01:32 said...

wah blogger skr keren2 euy
udah desain blognya bagus
postingannya mantabs2
alexanya keren
orgnya pasti keren juga
hihihi

Alex L. Setiawan on 5 September 2009 at 01:38 said...

@nurmanto ...kapan aja bro boleh datang ..sebut nama saya 3 kali gratis semua (numpang lewat doang) hahahaha
@nada ... bisa aja.. tehnologi tentu nya bang nada lebih piawai dari saya...

hendrie k_bejo on 5 September 2009 at 02:48 said...

Piknik.....piknik...

Alex L. Setiawan on 7 September 2009 at 14:24 said...

@hendriek_bejo ..
yoi bro piknik..piknik ke Pontianak hehehehe...

S@ndhie on 8 September 2009 at 09:12 said...

makasih knjungan n koment2nya...
sukses slalu buatmu sob...

BorneoBackpakers on 9 September 2009 at 03:30 said...

@sandhie sama sama bro...

buxbag on 12 September 2009 at 17:03 said...

nah baru sempat mampir sekarang nih >_<
Hmmph.. kayaknya aku gak bakal bisa ikut deh. Ini semester ini tugas2 kampusnya gila-gilaan ! apalagi mesti ngurusin blogku juga yang tentang online income-buxbag T_T

semoga sukses yaaa !!! hehehehntar kalo menang traktir2 yaaaa

Alex L. Setiawan on 18 September 2009 at 05:02 said...

Sukses ya Mel dengan kegiatan klik dapat dollarnya ...



*Good, Very Recomended untuk PTC refferal Amelia http://buxbag.blogspot.com/

moratmarit on 2 October 2009 at 19:36 said...

Ayo bro tetap semangat,,semoga menang bos.:)

AWA blog - ikut Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 8 October 2009 at 07:15 said...

piknik sambil berkontes ria

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang on 22 October 2009 at 12:53 said...

tetap smangat masih ada waktu


Post a Comment

Translate this page from Indonesian language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget by ateonsoft.com
Share Artikel on Facebook
 

Borneo Backpakers | Pontianak - Recent Posts

Blog Widget by LinkWithin